Rabu, 18 Februari 2015

Keberanian Ali bin Abu Thalib

Unknown  |  at  Rabu, Februari 18, 2015  |  , ,  |  No comments




Keberanian Imam Ali bin Abi Thalib AS. bila diungkapkan adalah ide dan pemikiran sementara pada tataran praktis adalah iradah dan kehendak. Poros keberanian adalah melindungi hal yang alami seperti kebenaran dan keimanan akan kebaikan. Semua mengetahui bagaimana tidak ada seorang pahlawan di zamannya yang mampu menang melawannya di medan pertempuran. 

Keberaniannya menentang maut tidak membuatnya takut menghadapi siapa saja. Lebih dari itu, pikiran akan mati dalam peperangan tidak pernah melintas dalam benak Ali bin Abi Thalib sementara ia dalam posisi berduel dalam medan perang. Ia tidak akan berduel dengan musuh-musuhnya dan mengalahkan mereka sebelum berdialog dan menasihati serta menuntun mereka kepada kebenaran.

Ali bin Abi Thalib dengan segenap kekuatannya yang luar biasa tidak pernah melakukan penganiayaan terhadap musuhnya dalam kondisi bagaimanapun. Para sejarawan sepakat bahwa Ali bin Abi Thalib tidak pernah memulai dalam berperang hingga musuh telah terlebih dahulu menyerangnya. Ia senantiasa berusaha sebisa mungkin menyeimbangkan segala urusannya berbarengan dengan kemarahannya dengan cara damai agar tidak terjadi pertumpahan darah, tidak terjadi peperangan.

Secara alamiah tidak melakukan perbuatan melampaui batas merupakan prinsip dan moral Ali bin Abi Thalib. Ia senantiasa menghubungkan dirinya secara erat dengan fondasi universal yang diyakininya yang dibangun atas pengenalan akan perjanjian dan melindungi tanggungan dan berbelas kasih terhadap manusia sekalipun orang lain mengkhianati perjanjian dan melakukan perbuatan tidak beradab dan tidak ada rasa perikemanusiaan.

Ali bin Abi Thalib tidak pernah sedikit pun memenangkan rasa permusuhannya atas kebenaran. Hal itu sudah pasti akan dilakukan bila tidak ada lagi tuntunan agung dari sifat memenuhi janji dan kewibawaan serta kedermawanan yang memenuhi jiwanya dalam mengalahkan rasa takutnya.

Sayangnya, pemilik kasih sayang ini tidak dilindungi oleh sahabat-sahabat yang betul-betul mencintainya. Mereka tidak ingin menjadi seperti Ali bin Abi Thalib dan dirinya. Akhirnya Ali bin Abi Thalib membiarkan mereka dalam kebaikan bumi namun tidak seluruh makhluk. Ali bin Abi Thalib berkata, 'Demi Allah! Seandainya aku diberi tujuh iklim di bumi ini namun aku harus bermaksiat kepada Allah dengan merebut sebutir gandum murahan dari mulut seekor semut niscaya aku tidak akan mengabulkan itu. Dunia kalian di sisiku lebih rendah nilainya dari dedaunan yang sedang dikunyah oleh seekor belalang'. 

Ali bin Abi Thalib dalam hal ini, tidak sekedar berkata dan kemudian melakukannya. Namun, ucapannya mengalir dari perbuatan yang alami yang dipraktekkan dan dari perasaan yang dirasakannya. Ali bin Abi Thalib adalah orang yang paling mulia di antara manusia. Ia adalah makhluk Allah yang paling jauh untuk mengganggu makhluk yang lain. Ia paling dekat dengan manusia untuk membantu mereka agar hati nuraninya tidak tersiksa. Bukankah seluruh kehidupannya adalah rentetan peperangan yang berkepanjangan untuk menolong orang-orang yang dizalimi dan lemah? Ia dengan senang hati akan menolong kaum tanpa permintaan pertolongan dari mereka yang selalu menjadi alat produksi dari para penguasa yang mewarisi sistem kesukuan. Apakah pedang tajamnya yang di arahkan ke leher orang-orang Quraisy yang ingin menguasai kekhalifahan, kepemimpinan, posisi dan pengumpulan harta masih belum jelas menjelaskan hakikat ini! Bukankah ia meletakkan khilafah dan kehidupan di atas bumi hanya karena ia enggan berjalan berbarengan dengan pencinta dunia yang selalu memarginalkan kaum lemah dan papa serta yang dizalimi?

Administrator

Seorang Muslim Syiah Imamiyah Itsna 'Asyariyah: Pecinta Rasulullah Saw dan Ahlulbaitnya dan Pecinta NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Ya Aba Abdillah! Hidup Indonesia!

0 komentar:

    Popular Posts

General

© 2015 Gen Syi'ah. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger Template. Powered by Blogger.